Lenyaplah Masa Muda dengan Segala Keburukannya, Tinggallah Masa Tua dengan Segala Kebaikannya

Suatu kali, Khalifah Sulaiman bin Abdul Malik masuk ke sebuah masjid di Damaskus. Tiba-tiba dia melihat seorang Arab badui yang sudah tua. Khalifah bertanya kepadanya, “Wahai Bapak tua, apakah kau suka menghadapi kematian?”
“Tidak, demi Allah,” jawab bapak tua itu.
“Kenapa wahai Bapak tua, padahal usiamu sudah setua ini?” tanya Khalifah kembali.
“Wahai Amirul Mukminin, telah lenyap masa muda dengan segala keburukannya dan datanglah masa tua dengan segala kebaikannya. Saat ini kalau aku berdiri, aku akan memuji Allah, kalau aku duduk aku akan memuji Allah dan aku ingin kedua hal ini tetap ada padaku.”
Sulaiman bertanya lagi, “Lalu apa amalanmu yang kau kira dapat memanjangkan umurmu?”
Bapak tua itu menjawab, “Wahai Amirul Mukminin, sesungguhnya aku adalah seorang yang selalu menyempurnakan wudhu, membaguskan shalat, menghubungkan silaturrahmi, menjaga kehormatan dan pandangan, dan aku selalu berbagi rezeki yang Allah karuniakan kepadaku.”
Sulaiman berkata, “Tidak heran kalau kematian belum juga menjemputmu.”

0 comments:

Post a Comment