Empat Sifat

Seseorang bertanya kepada Hatim al-Asham, “Berdasarkan apa kamu bangun tawakkalmu kepada Allah?”
Hatim menjawab, “Berdasarkan empat hal sebagai berikut.
1.    Aku tahu bahwa rezekiku tidak akan diambil oleh orang lain, maka hatiku pun menjadi tenang.
2.    Aku tahu bahwa pekerjaanku tidak akan dikerjakan oleh orang lain, maka aku pun menyibukkan diri dengan itu.
3.    Aku tahu bahwa kematian pasti akan mendatangiku secara tiba-tiba, maka aku pun segera menyiapkan diri menghadapinya.
4.    Aku tahu bahwa aku tak akan lepas dari pandangan Allah di mana pun aku berada, maka aku pun merasa malu pada-Nya.
Ada lagi seseorang yang bertanya padanya, “Wahai Hatim, bagaimana shalatmu?”
Dia menjawab, “Aku segera berdiri ketika datang seruan, kemudian aku berjalan dengan tenang, aku akan mulai dengan niat, lalu aku takbir dengan mengagungkan Allah, aku membaca dengan tartil dan penuh pikir, aku ruku’ dengan khusyu, aku sujud dengan penuh tawadhu, aku salam dengan berdasarkan sunnah, aku serahkan shalatku dengan ikhlas kepada Allah swt. dan aku selalu merasa cemas kalau-kalau Allah tidak menerima shalatku.” 

0 comments:

Post a Comment