ALLAH TELAH MENGGANTIKU DENGAN KERIDHAAN SEPERTI SEKARANG INI

Abdullah bin Marzuq adalah orang yang mendapat kelapangan dalam keduniaan. Suatu hari dia minum-minum di tengah hura-hura dan mendengar nyanyian. Dia belum shalat zuhur, ashar, dan magrib, dan setiap waktu budak perempuannya selalu mengingatkannya. Kemudian pada saat datang waktu isya, datanglah budak wanita itu dengan membawa bara api kemudian diletakkan di kakinya, dia pun kaget dan melompat seraya berkata, “Apa-apaan ini?”
    Budak itu menjawab, “Bara dari api dunia. Apa yang akan Anda perbuat dengan api akhirat nanti?”
    Abdullah pun langsung menangis sejadi-jadinya, kemudian dia pergi shalat. Apa yang tadi dikatakan oleh budak wanita itu sangat membekas sekali dalam dirinya. Dia berpendapat bahwa tidak ada jalan lain yang dapat menyelamatkannya kecuali harus meninggalkan apa yang dia lakukan saat ini yaitu kekayaan dan hidup berfoya-foya. Hingga dia pun memerdekakan budak wanitanya, kemudian dia bersedekah dengan hartanya dan budak wanitanya itu mengikutinya. Orang itu akhirnya menjadi pedagang sayuran di pasar.
    Tak lama kemudian datang Sufyan bin Uyyainah dan al-Fudhail bin Iyadh. Keduanya menjumpai orang itu dalam keadaan tidur dengan berbantal segumpal tanah, maka Sufyan pun berkata kepadanya,  “Sesungguhnya jika ada orang yang membiarkan sesuatu karena Allah, Allah pasti akan memberinya sebagai ganti. Lantas, apa yang telah Allah gantikan untukmu dari apa yang telah kamu tinggalkan?”
    Orang itu menjawab,  “Keridhaan seperti aku sekarang ini.”

0 comments:

Post a Comment