Aku Ingin Sesuatu yang Bukan Karena Jasa Makhluk

Sari as-Saqthi menceritakan, “Suatu hari aku pulang dari Mekah. Ketika sudah masuk ke daerah padang pasir aku melihat di sebuah sungai seonggok lobak. Lalu aku ambil lobak itu dan aku berkata, ‘Segala puji bagi Allah, aku berharap lobak ini halal dan tak ada jasa makhluk di dalamnya.’
Beberapa orang yang melihatku mengambil lobak itu berkata kepadaku, ‘Wahai Abul Hasan, lihatlah ke sini!’
Aku menoleh. Ternyata ada lobak lain yang lebih banyak. Orang itu berkata, ‘Ambillah!’
Aku berkata kepadanya, ‘Lobak pertama tidak ada jasa orang lain di sana. Sementara ini adalah atas petunjukmu dan aku ingin sesuatu yang tidak ada jasa makhluk di dalamnya dan tidak pula sesuatu yang akan menjadi beban di hadapan Allah kelak.’”

0 comments:

Post a Comment