TOBAT IBNUSH SHAMMAH

Ibnul Jauzi dalam kitab Shifatush Shafwah menyebutkan bahwa Taubah bin Summah pernah mengintrospeksi dirinya. Setelah dihitung-hitung ternyata dia sudah berumur 61 tahun. Kemudian dia pun menghitung jumlah harinya dan ternyata jumlahnya mencapai dua puluh satu ribu lima ratus hari.
    Dia serta merta berteriak, “Celaka aku! Bagaimana aku akan menghadap Maha Diraja dengan dua puluh satu ribu dosa?”
    Bagaimana? Dalam setiap harinya ada sepuluh ribu dosa. Kemudian dia terjatuh tak sadarkan diri, dan ternyata dia telah meninggal dunia, kemudian orang-orang mendengar ada suara yang mengatakan, “Wahai kamu yang sedang berlari dan meloncat ke surga Firdaus yang paling tinggi.”
    Ini adalah introspeksi diri dan menyadari akan dosa yang diperbuat, rasa takut dari kengerian dan dahsyatnya hari Kiamat dan berdiri di hadapan Allah swt. untuk dihisab. Hari ini adalah amal perbuatan tanpa hisab dan besok adalah hisab tanpa bisa lagi beramal, dan seorang hamba ahli ibadah dan zuhud ini sedang mengintrospeksi dirinya sebelum datang hari penghitungan, maka hatinya melihat pada kekhusyuan dan takut kepada Allah. “Dan bagi siapa yang takut akan saat menghadap Tuhannya ada dua surga.” (ar-Rahman: 46)

0 comments:

Post a Comment