Imran bin Khushshain dan Keridhaannya di Saat Sakit

Diriwayatkan oleh Ibn Abid Dunya dari Hasan al-Bashri, dia berkata, "Suatu ketika Imran bin Khushshain jatuh sakit. Lalu saya datang menjenguknya. Akan tetapi kedatangan saya itu dianggapnya agak terlambat. Maka saya berkata kepadanya, "Wahai Abu Nujaid, sebenarnya yang menghalangi saya segera menjengukmu adalah karena saya merasa tidak tega melihatmu menahan rasa sakit". Kemudian Imran berkata pada saya, "Janganlah engkau merasa tidak tega. Demi Allah sesungguhnya apa yang saya sukai adalah apa yang disukai oleh Allah, maka janganlah engkau bersedih karena melihat saya sedang menahan rasa sakit. Sesungguhnya engkau tidak akan merasa sedih jika kamu tahu bahwa apa yang engkau lihat pada diri saya saat ini adalah penebus bagi dosa-dosa saya. Oleh karena itu saya ikhlas dengan sakit saya ini, dan saya mengharap pengampunan dari Allah atas dosa-dosa saya yang masih tersisa. Sesungguhnya Allah telah berfirman,

"Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu)." (asy-Syuura: 30).

0 comments:

Post a Comment