Ketika Akan Wafat Dia Menangis Lalu Setelah Itu Tertawa

Ibnu Jauzi rahimahullah menceritakan dari Afirah al-Abidah bahwa Mu’adzah binti Abdullah al-Adawiyah rahimahallah ketika ajal akan menghampirinya, dia menangis lalu tertawa. Hal itu ditanyakan kepadanya, “Kenapa kau menangis kemudian tertawa?”
Dia menjawab, “Adapun tangis yang kalian lihat, hal itu karena aku teringat bahwa apabila aku mati aku akan berpisah dengan puasa, shalat, dan zikir. Maka, aku pun menangis karena sedih berpisah dengan semua itu. Sementara senyum dan tertawa yang kalian lihat, hal itu karena aku melihat suamiku (yang telah wafat lebih dulu) datang di tengah-tengah rumah memakai dua gamis hijau yang indah bersama bidadari-bidadari yang banyak yang tidak kulihat yang seperti mereka di dunia, sehingga aku tersenyum pada suamiku. Aku kira aku tidak akan mendapatkan lagi shalat berikutnya bersama kalian.”
Dan memang dia wafat sebelum masuknya waktu shalat berikutnya.

0 comments:

Post a Comment