Amr bin Ash R.a. ketika akan Meninggal Dunia

Ibnu Sa’ad dalam Thabaqaatnya meriwayatkan bahwa Hasan al-Bashri rahimahullah berkata, “Saya mendengar bahwa ketika akan meninggal dunia Amr bin Ash r.a. memanggil para penjaganya. Lalu dia berkata kepada mereka, “Jagalah saya dari kematian”.
Para penjaganya pun kebingungan dan berkata, “Kami tidak menyangka engkau akan berkata demikian”.
Amr bin Ash pun menyahut, “Saya sudah mengatakannya dan saya tahu apa yang saya katakan. Sungguh tidak ada seorang pun  yang menjagaku dari kematian, lebih saya sukai dari pada ini dan itu. Celakalah Ibnu Abu Thalib ketika berkata, “Seseorang akan menjaga dirinya dari kematian”.
Kemudian Amr bin Ash berkata, “Ya Allah, tidak ada orang yang terbebas dari dosa, maka saya minta ampun pada-Mu. Juga tidak ada orang yang mulia, maka saya meminta pertolongan-Mu. Jika saya tidak mendapatkan rahmat dari-Mu maka saya termasuk orang-orang yang celaka”.

0 comments:

Post a Comment