Keridhaan Yusuf bin Ya'qub A.s. Terhadap Qadha Allah

Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam kitabnya az-Zuhd dari Abu Abdullah, muazzin kota Tha'if, dia berkata, "Malaikat Jibril datang kepada Nabi Yusuf dan berkata padanya, "Wahai Yusuf, apakah penjara membuatmu susah?" "Ya", jawab Nabi Yusuf singkat. Lalu malaikat Jibril berkata, "Kalau begitu, katakanlah, "Ya Allah, karuniailah saya kemudahan dan kelonggaran pada setiap urusan yang memberatkan saya, baik itu urusan dunia, maupun urusan akhirat. Berilah saya rizki dengan jalan yang tidak saya duga, ampunilah dosa saya, kuatkanlah harapan saya, dan jadikanlah harapan saya tersebut hanya kepada-Mu".
Lalu Nabi Yusuf pun mengucapkan do'a tersebut, dan dia telah ridha dengan qadha dan qadar Allah. Maka Allah pun membukakan jalan kemudahan baginya. Dia dikeluarkan dari penjara, lalu diangkat menjadi menteri Mesir, yang dengan itu dia menjadi seorang yang mempunyai kedudukan penting di Mesir.

0 comments:

Post a Comment