Bagaimana Aku akan Mengadu kepada Dokterku Apa yang Kurasakan

Al-Junaid menceritakan, “Suatu kali aku berada berdua saja dengan Sari bin Maghlis as-Saqthi. Dia sedang memakai sarung. Aku lihat tubuhnya seperti tubuh yang sakit dan sangat lemah.”
Dia berkata, “Perhatikanlah tubuhku ini! Kalau aku ingin mengatakan bahwa ini adalah karena cinta pada Allah, tentu tidak berlebihan.” Wajahnya pucat dan terkadang berwarna merah seperti bunga.
Suatu kali dia jatuh sakit. Aku datang menjenguknya. Aku bertanya, “Bagaimana kondisimu?”
Dia menjawab,
“Bagaimana mungkin aku mengadu kepada dokterku
apa yang aku rasakan
Sementara yang menimpaku ini adalah dari dokterku?”

Aku mengambil kipas dan aku mengiipas-ngipaskan ke tubuhnya. Dia berkata, “Bagaimana akan terasa sejuk dengan kipas seseorang yang hatinya terbakar di dalam?”
Kemudian  dia berkata,
“Hati terbakar dan air mata berlinang
Derita berhimpun dan sabar tercerai
Bagaimana tenang orang yang tak bisa tenang
Hasil dari hawa, kerinduan, dan kegelisahan?
Wahai Tuhanku, andaikan ada sesuatu yang akan melapangkanku
Maka kasihilah aku selama ruh ini masih ada”

0 comments:

Post a Comment