Dimandikan oleh Malaikat

Hanzhalah ibnu Abu Amir al-Anshariy, seseorang yang dimandikan oleh para malaikat. Sebabnya adalah ketika Hanzhalah mendengar panggilan jihad, ia cepat-cepat menjawab seruan itu meski tidak langsung terbunuh ia tidak merintih, oh…oh…karena badannya penuh dengan panah. Karena itu, ia termasuk orang yang dirahmati oleh Allah swt.

Hanzhalah telah menang dan beruntung. Marilah kita simak kisahnya dengan harapan dapat membangkitkan gairah kita agar bersegera dalam kebaikan dan tidak bermalas-malasan seperti yang dilakukan oleh orang-orang yang lemah imannya.

Dimuat dalam kitab Hilyah, "Hanzhalah bertempur dengan Abu Sufyan ibnu Harb pada perang Badr dan waktu itu ia telah berada di atas angin, lalu Syadad ibnu Aswad melihat hal tersebut. Kemudian, Ibnu Sya'ub mengajak Hanzhalah berbicara untuk mengecohnya dengan mengatakan bahwa Abu Sufyan telah menang hingga akhirnya Syadad mampu memukul dan membunuhnya."

Rasulullah saw. berkata, “teman kalian, yaitu Hanzhalah, sedang dimandikan oleh para malaikat.” Karena ingin tahu sebabnya, para sahabat bertanya kepada keluarga Hanzhalah apa sebenarnya yang terjadi, istri Hanzhalah menjawab, "ketika mendengar seruan jihad, Hanzhalah bergegas keluar sedangkan ia dalam keadaan janabah (habis tidur dengan istrinya dan belum sempat mandi wajib)." Lantas Rasulullah saw. menimpali, "karena itulah, ia dimandikan oleh para malaikat."

0 comments:

Post a Comment